Standar Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) merupakan acuan untuk mengembangkan standar isi,
proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana,
pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan
anak usia dini.STPPA merupakan acuan yang dipergunakan dalam pengembangan
kurikulum PAUD.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014 meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik,
kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.
Nilai agama dan moral meliputi kemampuan mengenal nilai agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, menghormati, dan toleran terhadap agama orang lain.
Fisik-motorik meliputi :
a. motorik kasar, mencakup kemampuan gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, lincah, lokomotor, non-lokomotor, dan mengikuti aturan;
b. motorik halus, mencakup kemampuan dan kelenturan menggunakan jari dan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk; dan
c. kesehatan dan perilaku keselamatan, mencakup berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai usia serta kemampuan berperilaku hidup bersih, sehat, dan peduli terhadap keselamatannya.
Kognitif meliputi :
a. belajar dan pemecahan masalah, mencakup kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara fleksibel dan diterima sosial serta menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru;
b. berfikir logis, mencakup berbagai perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal sebab-akibat; dan
c. berfikir simbolik, mencakup kemampuan mengenal, menyebutkan, dan menggunakan konsep bilangan, mengenal huruf, serta mampu merepresentasikan berbagai benda dan imajinasinya dalam bentuk gambar.
Bahasa meliputi :
a. memahami bahasa reseptif, mencakup kemampuan memahami cerita, perintah, aturan, menyenangi dan menghargai bacaan;
b. mengekspresikan bahasa, mencakup kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali yang diketahui, belajar bahasa pragmatik, mengekspresikan perasaan, ide, dan keinginan dalam bentuk coretan; dan
c. keaksaraan, mencakup pemahaman terhadap hubungan bentuk dan bunyi huruf, meniru bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita.
Sosial-emosional meliputi :
a. kesadaran diri, terdiri atas memperlihatkan kemampuan diri, mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta mampu menyesuaian diri dengan orang lain;
b. rasa tanggung jawab untuk diri dan orang lain, mencakup kemampuan mengetahui hak-haknya, mentaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama; dan
c. perilaku prososial, mencakup kemampuan bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespon, berbagi, serta menghargai hak dan pendapat orang lain; bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan.
Seni meliputi kemampuan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi karya seni, gerak dan tari, serta drama.
Pentahapan usia dalam STPPA
terdiri dari:
a. Tahap usia lahir - 2 tahun,
terdiri atas kelompok usia: Lahir - 3 bulan, 3- 6 bulan, 6 - 9 bulan, 9 -12
bulan, 12 - 18 bulan, 18 - 24 bulan;
b.
Tahap usia 2 - 4 tahun, terdiri atas kelompok usia: 2 - 3 tahun dan 3 - 4
tahun; dan
c. Tahap usia 4 - 6 tahun, terdiri atas kelompok
usia: 4 - 5 tahun dan 5 - 6 tahun
Berikut adalah STPPA untuk anak TK B atau anak kelompok Usia 5-6 Tahun.
STANDAR ISI TENTANG TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|
Usia 5 –6 tahun
|
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
|
I. Nilai Agama dan Moral
|
1. Mengenal agama yang dianut
|
2. Mengerjakan ibadah
|
|
3. Berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
|
|
4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
|
|
5. Mengetahui hari besar agama
|
|
6. Menghormati (toleransi) agama orang lain
|
|
II. Fisik-motorik
|
1. Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih
kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan
|
A. Motorik Kasar
|
2. Melakukan koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam
menirukan tarian atau senam
|
3. Melakukan permainan fisik dengan aturan
|
|
4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
|
|
5. Melakukan kegiatan kebersihan diri
|
|
B. Motorik Halus
|
1. Menggambar sesuai gagasannya
|
2. Meniru bentuk
|
|
3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan
kegiatan
|
|
4. Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar
|
|
5. Menggunting sesuai dengan pola
|
|
6. Menempel gambar dengan tepat
|
|
7. Mengekspresikan diri melalui gerakan
menggambar secara rinci
|
|
C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
|
1. Berat badan sesuai tingkat usia
|
2. Tinggi badan sesuai standar usia
|
|
3. Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
|
|
4. Lingkar kepala sesuai tingkat usia
|
|
5. Menutup hidung dan mulut (misal, ketika batuk
dan bersin)
|
|
6. Membersihkan, dan membereskan tempat bermain
|
|
7. Mengetahui situasi yang membahayakan diri
|
|
8. Memahami tata cara menyebrang
|
|
9. Mengenal kebiasaan buruk
bagi kesehatan (rokok, minuman keras)
|
|
IV. Kognitif
|
1. Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik
(seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
|
A. Belajar dan Pemecahan
Masalah
|
2. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan
cara yang fleksibel dan diterima sosial
|
3. Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
|
|
4. Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
|
|
B. Berfikir Logis
|
1. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang
dari”; dan “paling/ter”
|
2. Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo kita bermain pura-pura seperti burung”)
|
|
3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
|
|
4. Mengenal sebab-akibat tentang
lingkungannya (angin bertiupmenyebabkan daun bergerak, air dapat
menyebabkan sesuatu menjadi basah)
|
|
5. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
(3 variasi)
|
|
6. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok
yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih
dari 2 variasi
|
|
7. Mengenal pola ABCD-ABCD
|
|
8. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling
besar atau sebaliknya
|
|
C. Berfikir Simbolik
|
1. Menyebutkan lambang bilangan 1-10
|
2. Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
|
|
3. Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
|
|
4. Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal
dan konsonan
|
|
5. Merepresentasikan berbagai macam
benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti
tulisan dan gambar pensil)
|
|
II. Bahasa
|
1. Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
|
A. Memahami bahasa
|
2. Mengulang kalimat yang lebih kompleks
|
3. Memahami aturan dalam suatu permainan
|
|
4. Senang dan menghargai bacaan
|
|
B. Mengungkapkan Bahasa
|
1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
|
2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
|
|
3. Berkomunikasi secara lisan,
memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk
persiapan membaca, menulis dan berhitung
|
|
4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok
kalimat-predikat-keterangan)
|
|
5. Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada
orang lain
|
|
6. Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
|
|
7. Menunjukkkan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
|
|
C. Keaksaraan
|
1. Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
|
2. Mengenal
suara huruf awal dari nama benda-benda
yang ada di sekitarnya
|
|
3. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang
sama.
|
|
4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
|
|
5. Membaca nama sendiri
|
|
6. Menuliskan nama sendiri
|
|
7. Memahami arti kata dalam cerita
|
|
V. Sosial-emosional
|
1. Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
|
A. Kesadaran Diri
|
2. Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal
(menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang tepat)
|
3. Mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar
(mengendalikan diri secara wajar)
|
|
B. Rasa tanggung jawab
untuk diri sendiri dan orang lain
|
1. Tahu akan hak nya
|
2. Mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan)
|
|
3. Mengatur diri sendiri
|
|
4. Bertanggung jawab atas perilakunya untuk
kebaikan diri sendiri
|
|
C. Perilaku Prososial
|
1. Bermain dengan teman sebaya
|
2. Mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar
|
|
3. Berbagi dengan orang lain
|
|
4. Menghargai
hak/pendapat/karya orang lain
|
|
5. Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan
masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah)
|
|
6. Bersikap kooperatif dengan teman
|
|
7. Menunjukkan sikap toleran
|
|
8. Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada
(senang-sedih-antusias dsb)
|
|
9. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial
budaya setempat
|
|
VI. Seni
|
|
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
|
1. Anak bersenandung atau bernyanyi sambil
mengerjakan sesuatu
|
2. Memainkan alat musik/instrumen/benda bersama
teman
|
|
B. Tertarik dengan kegiatan seni
|
1. Menyanyikan lagu dengan sikap yang benar
|
2. Menggunakan berbagai macam alat musik tradisional maupun alat
musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu tertentu
|
|
3. Bermain drama sederhana
|
|
4. Menggambar berbagai macam bentuk yang beragam
|
|
5. Melukis dengan berbagai cara dan objek
|
|
6. Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan
(kertas, plastisin, balok, dll)
|
0 komentar:
Posting Komentar