Jumat, 16 November 2018

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) merupakan acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.STPPA merupakan acuan yang dipergunakan dalam pengembangan kurikulum PAUD. 

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014 meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

Nilai agama dan moral meliputi kemampuan mengenal nilai agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, menghormati, dan toleran terhadap agama orang lain.

Fisik-motorik meliputi :
a. motorik kasar, mencakup kemampuan gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, lincah, lokomotor, non-lokomotor, dan mengikuti aturan;
b. motorik halus, mencakup kemampuan dan kelenturan menggunakan jari dan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk; dan
c. kesehatan dan perilaku keselamatan, mencakup berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai usia serta kemampuan berperilaku hidup bersih, sehat, dan peduli terhadap keselamatannya.

Kognitif meliputi :
a. belajar dan pemecahan masalah, mencakup kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara fleksibel dan diterima sosial serta menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru;
b. berfikir logis, mencakup berbagai perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal sebab-akibat; dan
c. berfikir simbolik, mencakup kemampuan mengenal, menyebutkan, dan menggunakan konsep bilangan, mengenal huruf, serta mampu merepresentasikan berbagai benda dan imajinasinya dalam bentuk gambar. 

Bahasa meliputi :
a. memahami bahasa reseptif, mencakup kemampuan memahami cerita, perintah, aturan, menyenangi dan menghargai bacaan;
b. mengekspresikan bahasa, mencakup kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali yang diketahui, belajar bahasa pragmatik, mengekspresikan perasaan, ide, dan keinginan dalam bentuk coretan; dan
c. keaksaraan, mencakup pemahaman terhadap hubungan bentuk dan bunyi huruf, meniru bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita.

Sosial-emosional meliputi :
a. kesadaran diri, terdiri atas memperlihatkan kemampuan diri, mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta mampu menyesuaian diri dengan orang lain;
b. rasa tanggung jawab untuk diri dan orang lain, mencakup kemampuan mengetahui hak-haknya, mentaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama; dan
c. perilaku prososial, mencakup kemampuan bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespon, berbagi, serta menghargai hak dan pendapat orang lain; bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan.

Seni meliputi kemampuan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi karya seni, gerak dan tari, serta drama.

Pentahapan usia dalam STPPA terdiri dari:
a. Tahap usia lahir - 2 tahun, terdiri atas kelompok usia: Lahir - 3 bulan, 3- 6 bulan, 6 - 9 bulan, 9 -12 bulan, 12 - 18 bulan, 18 - 24 bulan;
b. Tahap usia 2 - 4 tahun, terdiri atas kelompok usia: 2 - 3 tahun dan 3 - 4 tahun; dan
c. Tahap usia 4 - 6 tahun, terdiri atas kelompok usia: 4 - 5 tahun dan 5 - 6 tahun

Berikut adalah STPPA untuk anak TK B atau anak kelompok Usia 4-5 Tahun.


STANDAR ISI TENTANG TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Usia 4 - 5 tahun
Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
I.   Nilai  Agama dan Moral
1.   Mengetahui agama yang dianutnya
2.   Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3.   Mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4.   Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk
5.   Membiasakan diri berperilaku baik
6.   Mengucapkan salam dan membalas salam
II. Fisik-motorik
1.   Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat  terbang, dsb
A.  Motorik Kasar
2.   Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)

3.   Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi

4.   Melempar sesuatu secara terarah

5.   Menangkap sesuatu secara tepat

6.   Melakukan gerakan antisipasi

7.   Menendang sesuatu secara terarah

8.   Memanfaatkan alat permainan di luar kelas
B.  Motorik Halus
1.   Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran

2.   Menjiplak bentuk

3.   Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit

4.   Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media

5.   Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media


6.   Mengontrol gerakan tangan yang meggunakan otot halus  (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
C. Kesehatan  dan Perilaku Keselamatan
1.   Berat badan sesuai tingkat usia
2.   Tinggi badan sesuai tingkat usia
3.   Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.   Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.   Menggunakan toilet  (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.   Memahami berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7.   Mengenal rambu lalu lintas yang ada di jalan
IV. Kognitif
1.   Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
A.  Belajar dan Pemecahan Masalah
2.   Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.   Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
4.   Mengetahui konsep banyak dan sedikit
5.   Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
6.   Mengamati benda dan gejala  dengan rasa ingin tahu
7.   Mengenal pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8.   Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai peserta didik/anak/teman)
B.  Berfikir Logis
1.   Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran

2.   Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya

3.   Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi

4.   Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya

5.   Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
C.  Berfikir Simbolik
1.   Membilang banyak benda satu sampai sepuluh

2.   Mengenal konsep bilangan

3.   Mengenal lambang bilangan

4.   Mengenal lambang huruf
II.   Bahasa
1.   Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
A.  Memahami bahasa
2.   Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan

3.   Memahami cerita yang dibacakan

4.   Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)

5.   Mendengar dan membedakan bunyi-bunyian dalam  Bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)
B.  Mengungkapkan Bahasa
1.   Mengulang kalimat sederhana
2.   Bertanya dengan kalimat yang benar
3.   Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
4.  Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5. Menyebutkan kata-kata yang dikenal
6. Mengutarakan pendapat kepada orang lain
7. Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8. Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9. Memperkaya perbendaharaan kata

10. Berpartisipasi dalam percakapan
C.  Keaksaraan
1.      Mengenal simbol-simbol

2.      Mengenal suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya

3.      Membuat coretan yang bermakna

4.      Meniru (menuliskan dan mengucapkan)  huruf  A-Z
V. Sosial-emosional
1.    Menunjukkan sikap mandiri  dalam memilih kegiatan
A.  Kesadaran Diri
2.    Mengendalikan perasaan

3.    Menunjukkan rasa percaya diri

4.    Memahami peraturan dan disiplin

5.    Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)

6.    Bangga terhadap hasil karya sendiri
B.  Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
1.    Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
2.    Menghargai keunggulan orang lain
3.    Mau berbagi, menolong, dan membantu teman
C.  Perilaku Prososial
1.   Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif

2.   Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan

3.   Menghargai orang lain

4.   Menunjukkan rasa empati
VI. Seni
1.   Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
A.  Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
2.   Memainkan alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
B.  Tertarik dengan kegiatan seni
1.   Memilih  jenis lagu yang disukai
2.   Bernyanyi sendiri
3.   Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.   Membedakan peran fantasi dan kenyataan
5.   Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.   Mengekspresikan  gerakan dengan irama yang bervariasi
7.   Menggambar objek di sekitarnya
8.   Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
10. Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif  yang berirama (contoh, anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
11. Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai



0 komentar:

Posting Komentar