Senin, 29 Juli 2019

Materi PAUD Diri Sendiri Subtema Tubuhku


Materi untuk pembelajaran Tematik jenjang Taman-kanak pada Tema Diri Sendiri atau saya beri judul “AKU KARUNIA ALLAH” dengan Sub Tema Alhamdulillah Tubuhku Sehat. Materi pembelajaran ini diberikan kepada anak PAUD jenjang TK A atau usia 4-5 Tahun. Adapaun dari pembelajaran ini diharapkan anak akan mampu mencapai capaian hasil belajar yang berkembang sesuai harapan pada 6 Aspek pengembangan dan dengan rincian KD sebagai berikut:
NAM : 1.1 (1) , 1.2 (2)
FM : 3.4-4.4 (1, 2, 3, 4)
K : 3.7-4.7 (1)
B : 3.11-4.11 (4), 3.12-4.12 (3, 4)
SE : 2.12-4.12 (3, 4)
S : 3.15-4.15 (1)



Allah menciptakan makhluk hidup dengan bermacam-macam jenis. Ada manusia, Binatang dan juga tanaman. Namun Manusialah yang diciptakan Allah dengan bentuk yang paling sempurna dan juga Allah memberikan manusia akal, sehingga menbedakan dengan binatang. Allah menerangkan tersebut pada surat At Tiin ayat 4.

Nah… sebelum lebih lanjut kita bercerita tantang tubuh kita, mari yuk kita bernyanyi sambil menirukan gerakan pada video ini. Siap kan ya….

 Bagian tubuh manusia terbagi menjadi 4 bagian besar, yaitu Kepala, Badan, Tangan dan Kaki.


Pada bagian kepala akan kita jumpai adanya rambut, mata, telinga, mulut, hidung dan lainnya. Setiap bagian tubuh tersebut memiliki fungsi serta manfaat yang sangat besar sekali untuk kehidupan masia. Ada rambut yang melindungi otak kita dari sengatan matahari. Ada mata yang berfungsi sebagai alat pengihatan bagi kita. Ata telingan sebagai indera pendengaran, ada mulut tempat kita memasukkan makanan ke tubuh dan juga untuk berbicara. Ada juga hidung yang berfungsi sebagai alat pendeteksi bau. Keren bukan penciptaan Allah??

Pada bagian badan, ada anggota tubuh yang tak kalah penting. Antara lain leher, dada dan juga perut.
Pada bagian tangan, ada anggota tubuh yang tak kalah penting. Antara lain lengan, siku dan jari tangan.
Kaki merupakan bagian tubuh untuk kita berjalan. Dengan kaki yang sehat pastinya kita bias berjalan kemanapun, bisa berlari dan juga duduk. Anggota tubuh yang ada di kaki antara lain; Paha, Lutut, telapak kaki, dan lainnya.
Yuk kita simak video ini terlebih dulu ya…..

Atas kesempurnaan bentuk penciptaan manusia oleh Allah, maka sepatutnya kita harus bersyukur kepada-Nya. Bagaimana ya wujud syukur itu?? Diantara wujud kesyukuran kita kepada Allah antara lain: Makan makanan yang sehat dan bergizi. Istirahat yang cukup akan memberi kesempatan kepada tubuh kita untuk menyempurnakan pertumbuhan. Makanya istirahat juga sangat penting untuk tubuh kita. Selanjutnya Untuk menjaga kebugaran tubuh kita, kita harus meluangkan waktu atau terbiasa berolah raga. Nah… contoh kegiatan tersebut merupakan wujud syukur atas semua karunia Allah atas kesempurnaan anngota tubuh ini.
Sampai jumpa lagi ya...


@eveNgawi

2 komentar: