Minggu, 01 Juli 2018

Guru Tanpa Blog, Apa Kata Dunia?


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini secara tidak langsung sangat mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Dunia pendidikan saat ini juga tidak bisa lepas dari pengaruhnya. Dampak baik maupun buruk kita semua harus siap menghadapinya. Orang tua dan sekolah yang mempunyai peran penting akan kualitas prestasi anak didik harus senantiasa mempunyai segala macam cara agar efek negatif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak menjadi sebuah penyakit yang berbahaya bagi anak didik. Dan tentunya peran guru serta motivasi dari orang tua juga sangat penting agar pesatnya teknologi saat ini bisa mempunyai manfaat yang baik guna menunjang pembelajaran, sehingga dunia pendidikan kita tidak akan tertinggal dari negara lain.

Guru harus senantiasa meng-upgrade kemampuan ITnya jika tidak ingin tertinggal jauh dari para peserta didiknya. Guru harus sadar bahwa kemampuan generasi sekarang ini sangat berbeda dengan generasinya. Guru yang cerdas akan selalu bisa memanfaatkan segala macam kebaruan untuk memfasilitasi belajar para peserta didiknya. Media blog bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan oleh seorang guru untuk membuat catatan pembelajaran.

Pola pendidikan kita saat ini tidak bisa hanya mengandalkan pola belajar tradisional dengan harus selalu bertemu dan bertatap muka di dalam sebuah kelas bersama anak-anak. Handphone pintar merupakan perangkat yang tidak bisa lepas dari tangan anak jaman saat ini. Jika hal itu bisa dimanfaatkan oleh seorang guru, maka peserta didik pun akan lebih mudah mempelajari materi dari seorang guru tanpa harus membawa buku pelajaran kemanapun dia pergi. Dengan handphone yang digenggamnya anak akan dengan mudah mencari ilmu pengetahuan yang diinginkan melalui mesin pencari diinternet dan juga materi pelajaran dari gurunya dimanapun dan kapanpun.

"Guru tanpa blog, apa kata dunia?" itulah pertanyaan yang mungkin lucu tapi sangat bermakna. Jika dunia saat ini bisa terhubung sehingga batas wilayah negara seperti sudah tidak ada lagi dikarenakan adanya raksasa teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Haruskah guru masih terpenjara dalam sempitnya ruang kelas? jawabannya adalah "tidak". Dengan mempunyai blog atau aplikasi lain yang menghubungkan antara siswa dan peserta didik setiap saat dan kapan pun. Dimana pun tempatnya dan kapanpun para peserta didik bisa belajar melalui sebuah blog yang ditulis oleh guru mereka. Ada sebuah artikel yang wajib kita cermati bersama tentang karakteristik pembelajaran anak di diera milenial saat ini. Silahkan klik untuk membaca lebih lanjut. 

Akan pentingnya seorang guru yang selalu up date informasi dan teknologi, maka IGI (Ikatan Guru Indonesia) menyediakan banyak sekali kelas online. Salah satunya adalah SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) ini. Dengan ini para guru diajak untuk membuat blog berisikan materi pendidikan yang akan bermanfaat untu semua orang, utamanya dunia pendidikan.

Demikian kiranya sebuah coretan sederhana dari seorang guru TK yang selalu bersemangat untuk belajar. Dan seperti menemukan sumur untuknya minum disaat kehausan ilmu, IGI lah sumur ilmu tersebut. Terima kasih tak terkira akan semua bimbingan dan sarana belajar yang sungguh luar biasa ini. Semoga pendidikan Indonesia akan lebih baik dan bisa bersaing dengan pendidikan negara lain.


Oleh Eva Rahmawati
Peserta SAGUSABLOG IGI #12

2 komentar: